RSS

Sarden ABC

09 Mar

ABC Sarden

Ikan Sardines ABC tetap kaya gizi dan aman untuk dikonsumsi.
Ikan Kaleng Sardines dipacking secara hermetis (kedap terhadap udara, air, mikroba, dan benda asing lainnya) dalam suatu wadah, yang kemudian disterilkan secara komersial untuk membunuh semua mikroba patogen (penyebab penyakit) dan pembusuk (pada suhu 117-119oC, selama 90-110 menit). Pengalengan secara hermetis memungkinkan makanan dapat terhindar dan kebusukan, perubahan kadar air, kerusakan akibat oksidasi, atau perubahan cita rasa.

Daya Tahan Simpan
Umur simpan makanan dalam kaleng sangat bervariasi tergantung pada jenis bahan pangan, wadah, proses pengalengan yang dilakukan, dan kondisi tempat penyimpanan.

Jika proses pengolahan dan penyimpanan dilakukan dengan baik, makanan dalam kaleng umumnya awet sampai jangka waktu dua tahun. Beberapa hal yang menyebabkan awetnya ikan dalam kaleng adalah:

* Ikan yang digunakan telah melwati tahap seleksi, sehingga mutu dan kesegarannya dijamin masih baik.
* Ikan tersebut telah melalui proses penyiangan, sehingga terhindar dari sumber mikroba kontaminan, yaitu yang terdapat pada isi perut dan insang.
* Pemanasan telah cukup untuk membunuh mikroba pembusuk dan Penyebab penyakit.
* Penutupan kaleng dilakukan secara rapat hermetis, yaitu rapat sempurna sehingga tidak dapat dilalui oleh gas, mikroba, udara, uap air, dan kontaminan lainnya. Dengan demikian, produk dalam kaleng menjadi lebih awet.

Penyimpanan produk harus dilakukan pada suhu yang cukup rendah, seperti pada suhu kamar normal dengan kelembaban rendah. Akan menjadi lebih baik lagi bila disimpan pada lemari pendingin. Untuk menjaga mencegah kerusakan cita rasa, warna, tekstur, dan vitamin yang dikandung oleh ikan Sardines.
Keunggulan Sarden ABC

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 9, 2010 inci Uncategorized

 

Tinggalkan komentar